HeadlineSumedang

Penilaian FKTP Tingkat Jawa Barat, Sumedang Diwakili Puskesmas Jatinangor

JATINANGOR – Puskesmas Jatinangor mewakili Kabupaten Sumedang mengikuti Penilaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi Jawa Barat.

Kepala Puskesmas Jatinangor drg. Amie Fitriah, M.HKes mengatakan, kegiatan tersebut rutin digelar Dinas Kesehatan di semua provinsi.

“Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, mengadakan penilai penilaian ke tiap kabupaten, dan untuk Kabupaten Sumedang Puskesmas Jatinangor mewakili 35 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumedang,” ujarnya, Jumat 4 Oktober 2019,

Menurut dia, indikator bisa mewakili atau terpilih mewakili Kabupaten yakni, harus terakreditasi minimal Akreditasinya Madya, sudah memenuhi standar Kesehatan di puskesmas tersebut.

“Kebetulan Jatinangor sudah memenuhi 9 jenis Tenaga yang harus ada di puskesmas wilayah perkotaan, selanjutnya harus mempunyai Lokuspispeka lokus indonsia sehat program keluarga,” ucapnya.

Menurutnya, team penilai merupakan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jabar ingin melihat proses pelayanan perbaikan mutu dan keselamatan pasien yang sudah dilakukan.

“Penilaian dibagi 3 pojka, pokja Admen, Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UKP),” ungkapnya.

Masing-masing pokja, kata ia, melakukan penilaian dengan telusur dokumen di masing-masing pokja, Adminnya singkron atau tidak mereka mengeceknya.

“Tapi yang paling penting ini bukan lomba tata graha atau pemenuhan dokumen, tapi proses perbaikan dari proses pelayanan tersebut,” ujarnya. (forkowas)*

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close