Headline

Bupati Dony : Kemenag Harus Jadi Agen Perubahan, Perkuat Kerukunan Umat

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-74 Tahun 2020, di halaman Gedung Islamic Centre Sumedang, Jum’at (3/1).

Upacara yang mengangkat tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” itu dipimpin langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sumedang.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang H. Hassen, Ketua MUI Kabupaten Sumedang K H Anwar Sanusi, Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Badjri, para ketua Ormas Islam, pimpinan pondok  pesantren dan tamu undangan lainnya.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Bupati berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama agar dapat menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama ditanah air. Menurutnya, kerukunan antar umat beragama merupakan modal untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

“Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” kata Menag.

Fachrul menegaskan, tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik dilakukan, namun hal itu dilakukan dalam rangka menunjang pembangunan jiwa.

“Kementerian Agama menyelenggarakan dua fungsi strategis yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan. Selama tujuh dekade perjalanan sejarah Kementerian Agama banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai dalam spektrum yang begitu luas,”

Lebih lanjut ia mengatakan, seiring dengan agenda reformasi birokrasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, ASN dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas serta bebas KKN.

Pelaksanaan puncak peringatan HAB Kementerian Agama RI tersebut juga diisi dengan penyerahan hadiah dan piala lomba-lomba HAB Kemenag serta Satya Lencana bagi para pegawai Kementerian Agama Kabupaten Sumedang yang telah mengabdikan dirinya selama  10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun . ***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close