HeadlineRegional

FORKI Audensi dengan Bupati Sumedang

TRIMEKAR – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Kadisbudparpora Kabupaten Sumedang Harry Tri Santosa dan Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Sumedang Rusyana menerima audensi Pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Kabupaten Sumedang, di Gedung Negara, (29/01/2020).

Dalam pertemuan ini dibahas mengenai pelantikan pengurus FORKI dan Kejuaraan Karate Tingkat Kabupaten Sumedang (Kejurkab) Piala Bupati di GOR UNSAP yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Februari mendatang.

Ketua Pengurus Cabang FORKI Dadan Sopian Syauri menjelaskan, kejuaraan karate ini sudah lama vakum sekitar 5 tahun tidak pernah digelar.

Kaitan hal tersebut, pihaknya sepakat untuk menghidupkan kembali Kejuaraan Karate sebagai agenda tahunan untuk menaikkan kembali prestasi cabang olahraga Karate di Kabupaten Sumedang.

“Sebenarnya sudah lama vakum dari tahun 2015 tidak ada event kejuaraan, jadi rengrengan dari perguruan latihan tetapi tidak ada kejuaraan. Untuk itu, ada tekad dari kami bahwa setiap tahun harus ada kejuaraan untuk menyalurkan hasil latihan di kejuaraan sehingga pada event nasional maupun internasional kita bisa berkiprah lagi,”ujarnya.

Lebih lanjut Sopian mengatakan, FORKI tidak hanya fokus pada Kejurkab, ada beberapa event diantaranya O2SN, POPDA dan dalam waktu dekat pihaknya tengah melakukan persiapan menghadapi PORDA pada tahun 2022 mendatang.

“Khusus di FORKI kita akan menyiapkan training khusus karate agar bisa menyumbangkan emas di ajang PORDA tahun 2022,” tandasnya.

Kepala Bidang Bina Prestasi FORKI Kabupaten Sumedang yang juga Ketua Pelaksana Kejuaraan Luki Luciano mengatakan, pelaksanaan kejuaraan ini dilakukan sebagai salah satu program atau wadah pembinaan bagi para atlet. Lebih dari itu, pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan “panggung unjuk kabisa” bagi para atlet untuk menyalurkan hasil mereka selama latihan.

Terkait persiapan, Luki memastikan, pelaksanaan akan dilakukan semaksimal dan seefisien mungkin. Dari target 300 peserta, kata Luki, saat ini sudah ada 250 peserta dari berbagai dojo yang mendaftar untuk mengikuti kejuaraan.

“Untuk atlit peserta, saat ini update sudah ada 250 peserta dari 300 yang kami harapkan mudah-mudahan dua hari sebelum ditutup pendaftaran target bisa tercapai. Itu harapan kami sebagai panitia karena ini hajat karate di Sumedang, animo karate di Sumedang bisa terlihat dari ajang ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang
H. Dony Ahmad Munir dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada kepengurusan FORKI yang baru dengan harapan dapat lebih mengembangkan dan memajukan olahraga karate di Kabupaten Sumedang melalui pembinaan prestasi yang baik.

“Harapan saya dengan FORKI Sumedang bisa berkembang lagi untuk memajukan karate di Sumedang. Kedepan harus ada kader yang bisa melanjutkan dan memberikan prestasi di kabupaten Sumedang. Hal ini bisa terjadi apabil apabila institusinya betul betul berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia juga menyambut baik dan mendukung penuh Kejuaraan yang akan dilaksanakan. Menurutnya, kejuaraan tersebut sebagai wahana untuk berlatih sekaligus wahana untuk berkompetisi bagi atlet karate di Kabupaten Sumedang.

“Saya menyambut baik Kejuaraan Karate Bupati Cup, luar biasa, kemauannya dan keinginannya sangat kuat. Tentunya Pemerintah Daerah akan terus mendukung dan membantu kegiatan ini,” pungkasnya. ***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close