HeadlinePoleksosbud

20 Mantan Pekerja, Buruh Pabrik dan Pemulung Mengikuti Pelatihan Budidaya Ikan Hias

TRIMEKAR – Kelompok Tani Sari Jaya dan Sacita gandeng Bank Jabar Banten (BJB) untuk menggelar pelatihan budidaya ikan hias, Minggu (16/2/2020).

Pelatihan itu melibatkan para pelaku usaha khususnya mantan pekerja, mantan buruh pabrik dan mantan pemulung.

Untuk mematangkan pengembangan usaha tersebut, sedikitnya 20 orang sempat mengikuti pelatihan usaha budidaya ikan hias bantaran Sungai Citarum yang dilaksamakan di Sekretariat Kelompok Tani Sari Jaya Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang, Sabtu (15/2/2020).

Pada pelaksanaan pelatihan itu hadir perwakilan Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung.

Ketua Sacita Dudi Andre mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan kepada penggiat lingkungan di sekitar bantaran Sungai Citarum, khususnya di Desa Bojongsari.

“Saya berharap agar pasca pelatihan ini bisa berjalan kedepannya, sehingga kelompok tani bisa mencetak pengusaha budi daya ikan hias untuk meningkatkan ekonomi para pelaku usaha,” tutur Dudi kepada wartawan di Desa Bojongsari, Minggu siang.

Di tempat sama, Ketua Kelompok Tani Sari Jaya Endang mengatakan kegiatan ini bisa digelar setelah mendapat dukungan dari Bank BJB dan para penggerak lingkungan.

“Alhamdulilah pelatihan budidaya ikan hias ini bisa berjalan dengan baik. Kami pun memberikan beberapa fasilitas untuk usaha budi daya ikan hias, di antaranya terpal, sirkulasi, dan barang lainnya untuk menunjang budi daya ikan hias,” katanya.

Sementara itu Pendamping sekaligus narasumber dari Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung Julia Mutakim, sangat mengapresiasi dan mendukung terhadap kegiatan yang digelar oleh kelompok tani budidaya ikan hias sari jaya dan komunitas lingkungan Sacita tersebut.

“Saya berharap dengan adanya budidaya ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Bojongsari,” pungkasnya. (TM-25)***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close