HeadlineSumedang

Genjot Keuntungan, PDAM Sumedang Akan Bangun 24 Titik Sumur Dalam

TRIMEKAR – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal berupaya menggenjot profit melalui rencana strategis yang dilakukan antara lain akan membuka potensi penambahan Sambungan Langganan (SL) di sejumlah wilayah.

Direktur PDAM Tirta Medal Sumedang, H. Tatang Hidayat menyebutkan, terdapat 35.651 SL yang tersebar di 18 Kecamatan se-Kab. Sumedang.

“Guna penambahan SL, kami akan lakukan pengembangan ke 8 kecamatan yang belum tersentuh. Tentu, langkah untuk menambah SL memang tidak mudah. Banyak hal yang harus disiapkan pihak PDAM seperti instalasi pipa, ketersediaan sumber air serta pembangunan sarana dan pra sarana,” terangnya kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

Menurut Tatang, dalam upaya mendongkrak bertambahnya pelanggan, pada tahun ini akan dibangun sebanyak 24 titik deepwell (sumur dalam) di wilayah sasaran.

“Peluang lainnya adalah memproduksi Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK), Saat ini produksi AMDK masih bersifat kerjasama dengan pihak lain. namun, tidak menutup kemungkinan pada tahun ini bisa dikerjasamakan menggandeng investor dengan catatan tidak berbenturan dengan regulasi,” tuturnya.

Ia menuturkan, hingga 2020 PDAM Tirta Medal mampu menghasilkan profit dengan kisaran Rp 3,7 miliar per bulan. Kendati angka tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan biaya operasional.

“Meskipun banyak persoalan yang tengah dihadapi, kami siap optimalkan agar mampu meningkatkan PAD Kabupaten Sumedang dengan pegawai kami sebanyak 581 orang,” ujarnya. (Opah)***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close