HeadlineRegional

Tenaga Medis Akan “Pede” Tangani Corona, Jika APD Lengkap

Radio Trimekar FM – Puskesmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya masih mengalami kekurangan alat pelindung diri (APD) lengkap bagi tenaga kesehatan.

Sebagai garda terdepan dalam melawan menyebaran Virus Corona atau Covid-19, APD lengkap termasuk sarung tangan dan masker mutlak diperlukan oleh para tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Cecep Nurul Yakin mengatakan, hasil dari pengecekan langsung ke beberapa Puskesmas di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, ternyata APD lengkap sangat dibutuhkan para tenaga medis di Puskesmas.

“Kami beberapa hari ini terus mengecek kondisi dan kelengkapan yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Puskesmas-puskesmas dan ternyata mereka sangat membutuhkan APD lengkap,” kata Cecep Nurul Yakin usai meninjau Puskesmas Rajapolah, dikutip dari KAPOL.ID jaringan Radio Trimekar FM, Ahad (5/3/2020).

Kang Cecep yang juga Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya melakukan pengecekan langsung ke beberapa Puskesmas dibarengi oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Hasil dari terjun langsung ke lapangan itu kata Kang Cecep menjadi bahan masukan dan pertimbangan dalam memanfaatkan anggaran.

Sehingga anggaran yang ada bisa tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan di lapangan.

“Senin besok kami bersama TAPD akan melakukan pembahasan realokasi anggaran. Apa yang terjadi di lapangan akan kami bahas bersama tim. Termasuk juga adanya insentif tambahan bagi para tenaga kesehatan yang berjuang melawan penyebaran virus corona,” katanya.

Ia menjelaskan ketika para tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas dilengkapi dengan APD lengkap, para nakes akan lebih percaya diri (PD) dalam menangani masyarakat dari penyebaran virus Corona.

Jangan sampai karena keterbatasan APD, para tenaga kesehatan di Puskesmas enggan menangani masyarakat yang statusnya OPD atau yang memiliki gejala sama seperti Covid-19. Dan pada akhirnya nyawa masyarakat tidak tertolong.

“Untuk menyelamatkan masyarakat maka sebagai garda terdepan melawan Covid-19, tenaga kesehatan baik itu dokter dan perawat harus dilengkapi dengan APD yang memadai,” ujarnya.

Cecep berharap wabah Corona yang saat ini hampir melanda seluruh negara di Dunia termasuk di Indonesia bisa segera hilang. Dan kondisi masyarakat bisa normal kembali seperti semula.***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close