HeadlineRegional

PWI Majalengka: Berita Baik Terkait Covid-19, Kuatkan Mental Masyarakat

Radio Trimekar FM – Di tengah melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka, para insan pers diingatkan agar tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik (KEJ).

Di antaranya, dalam melakukan pemberitaan terkait fenomena virus corona agar tidak berlebihaan hingga dapat menimbulkan kegaduhan dan kepanikan di lingkungan masyarakat.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam menuturkan, pemberitaan yang berlebihan dapat menimbulkan kepanikan di masyarakat dan dapat menurunkan imun tubuh di tengah pandemi Covid-19.

Sehingga para jurnalis harus memperhatikan kepentingan publik dengan ikut serta menjaga keamanan situasi saat ini di tengah merebaknya virus corona.

“Sesuai arahan yang diinstruksikan oleh Dewan Pers, para wartawan didorong untuk membuat pemberitaan yang akurat, berimbang serta proporsional,” ujar Wakil Ketua DPD KNPI Majalengka ini, Rabu (21/10/2020).

Dijelaskan dia, dengan memberikan informasi yang menyejukkan bagi masyarakat, dapat meningkatkan imun tubuh dalam menangkal penularan virus corona.

“Berita positif dari wartawan bisa tingkatkan mental masyarakat hadapi COVID-19,” tegasnya.

Terlebih dalam situasi seperti sekarang ini, masyarakat sering dibuat bingung oleh kabar beredar soal penyebaran virus corona.

Apalagi kabar itu datang dari sosial media yang kebenarannya sulit dipertanggungjawabkan. (Mubaroq)***

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close