HeadlinePendidikan

KBM Tatap Muka Ditargetkan Januari 2021, Situasional Pandemi Covid-19

Radio Trimekar FM – Kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka, hingga kini terus dikaji Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Namun begitu, target paling dekat untuk pembelajaran tatap muka dimungkinkan berlangsung pada Januari 2021.

Akan tetapi, rencana itu tetap melihat kondisi dan situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang.

Karena, sesuai surat keputusan bersama (SKB) empat Kementerian RI, pembelajaran tatap muka boleh dilakukan di zona kuning dan hijau.

“Januari itu baru sebatas pertimbangan untuk analisa pelaksanaan belajar tatap muka. Tetapi ini sangat tergantung dari sutuasi kondisi sekarang,” kata Kabid Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, Eka Ganjar Kurniawan, Senin 2 November 2020.

Jika stabil, mungkin akan dipertimbangkan untuk pembelajaran tatap muka di jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), nanti bulan Januari.

Dipertimbangkan ya itu, bila Januari 2021 tatap muka dapat dilangksungkan, lanjut Eka, dari rancangan yang ada prosesnya dilakukan secara bertahap.

Hal itu akan dimulai dari jenjang pendidikan tingkat SMP.

“Bila SMP dianggap stabil, bagus, maka diteruskan lagi ke jenjang yang lebih bawahnya (SD),” ujarnya.

Kendati baru rencana, pihaknya dari sarana prasarana terus berkoordinasi dengan pihak sekolah.

Itu, untuk mempersiapkan sekolahnya berupa penyediaan standar prokes.

Mulai dari tempat cuci tangan menggunakan sabun, masker dan lain sebagainya.

“Teu ngadadak (tidak mendadak). Harus dipersiapkan apa saja yang harus ada pada saat nanti seandainya dilakukan belajar tatap muka. Itu dari aspek sarana prasarana. Tapi ada aspek lain juga seperti persetujuan orang tua, itu pun harus dipertimbangkan,” tuturnya.

Namun begitu, saat ini di Kabupaten Sumedang sudah mulai melakukan ujicoba KBM tatap muka untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Diantaranya di SMAN Tanjungkerta dan MA Al Mustofa di Kecamatan Pamulihan. (Zis) ***

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close