IMG-20190923-WA0145:

“Si Tampomas” Diluncurkan Kejari Sumedang

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

 

SUMEDANG – Kejaksaan Negeri Sumedang luncurkan aplikasi layanan berbasis online bagi masyarakat dengan nama “Si Tampomas” atau Sistem Informasi Tanggap Melayani Secara Profesional Masyarakat Sumedang.

Hal itu, upaya untuk mewujudkan Zona integritas, wilayah, bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani secara optimal.

Disampaikan, Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang, Risky Fahrudi, didampingi Kepala Sub Bagian Pembinaan, Indra Gunawan di Aula Kejari Sumedang, Senin (23/9/2019).

“Tak hanya aplikasi Si Tampomas, kami juga kenalkan Program Jaksa Peduli Anak dengan sebutan Jatinangor (Jangan Tinggalkan Nasib Anak dan Korban). Program ini merupakan salahsatu bentuk keterbukaan kami kepada masyarakat,” ujarnya.

Risky menjelaskan, bahwa aplikasi Si Tampomas dapat diakses langsung oleh masyarakat dengan cara, didownload melalui Play Store, setelah itu, masyarakat dapat memilih menu apa saja terkait pelayanan yang disuguhkan.

“Terdapat beberapa layanan yang kami sediakan diantaranya, tilang elektronik, besuk tahanan, pelayanan hukum dan pengambilan barangbukti. Model layanan secara online ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat, salahsatu contoh dalam pelayanan tilang elektronik, warga tidak usah lagi datang ke kantor Kejari namun, bisa melakukan transaksi secara online begitupun untuk pengambilan surat tilang, jika sudah melakukan transaksi pembayaran tilang, berkas tilang akan di antarkan kepada yang bersangkutan oleh jasa pengiriman barang yang telah kami tunjuk,” katanya.

Menurutnya Risky, dalam aplikasi Si Tampomas masih banyak layanan lainnya yang dinilai dapat memberikan kemudahan dan efisiensi waktu bagi warga itu sendiri.

“Adapun untuk program Jaksa Peduli Anak dengan sebutan Jatinangor ini merupakan terobosan baru di Kejari Sumedang untuk melayani masyarakat khususnya anak anak yang menjadi pelaku atau korban dari tindak pidana yang dinilai perlu mendapatkan terapi kesehatan seperti yang terjadi saat ini, ada seorang anak yang menjadi saksi dalam satu kasus pembunuhan, kendati baru satu anak yang tengah ditangani, namun komitmen kami dalam menjembatani untuk memberikan pemulihan dari trauma yang dialami, sehingga proses penyembuhan pun akan terus kami kawal hingga anak tersebut dinyatakan sehat kembali,” ucapnya.

Sehingga, terang Risky, terdapat beberapa instansi terkait yang dilibatkan dalam terapi kesehatan penyembuhan trauma anak itu, diantaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes),  Dinas Sosial (Dinsos), Camat, Kades dan pihak terkait lainnya.

“Dalam kesempatan yang sama, kami pun tengah melakukan pembaruan website Kejari Sumedang guna memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat dengan mengakses,www.kejari-Sumedang.kejasaan.go.id.

Dalam laman ini, kami sediakan beberapa fitur layanan seperti, Online Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Informasi tilang, Informasi perkara, Laporan Pengaduan (Lapdu) perkara korupsi, Gratfikasi online dan Pelayanan hukum.

Secara teknis, imbuh Risky, berbagai informasi yang masuk dari pengunjung website itu akan ditindaklanjuti oleh bidang masing masing.

Namun dirinya mengimbau masyakarat, dapat memberikan keterangan yang lengkap, jangan sampai terkesan asal membuat pengaduan saja tanpa disertai data data yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Mohon do’a dan dukungan dari masyarakat Sumedang, agar sejumlah program layanan Kejari Sumedang dapat berjalan lancar tanpa ada hambatan sebagaimana slogan kami, Ikhlas (Inovatif, Kreatif, Humanis, Lugas, Amanah dan Sabar),” ujarnya. (Rhanie/forkowas)***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Diklatsar Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0610 Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Daftar Perizinan Secara Online, Ini Penjelasan DPMPTSP Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Ridwan Kamil Ingin Masjid Gunakan Kencleng dan Dakwah Digital

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Ini yang Harus Dilakukan Pengelola Tempat Wisata di Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Disparbudpora Sumedang Komitmen Jaga Kelestarian Seni Budaya Wayang Golek

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Diklatsar Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0610 Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Ridwan Kamil Ingin Masjid Gunakan Kencleng dan Dakwah Digital

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Porkab Garut 2021, Tarogong Kidul Kembali Juara Umum

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Atalia: Perluas Cakupan Vaksinasi Covid-19, Kasus Naik dan Turun

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kadiskominfo: Garut Belum Aman Covid-19, Terapkan Prokes

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com