Kebakaran Hutan Kareumbi : TNI dan Polri Optimal Lakukan Pemadaman

SUMEDANG, TRIMEKAR – Pasca terjadinya kebakaran di Blok Hutan Kareumbi Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang, BPBD Kabupaten Sumedang bersama pemerintahan setempat dibantu warga, ormas serta Satgas Citarum Sektor 21 berupaya melaksanakan pemadaman api.

“Kebakaran hutan, terjadi sejak sejak beberapa hari kebelakang 3 (tiga) hari yang lalu sampai dengan hari ini,” ucap Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) usai melaksanakan pemadaman api di blok hutan kareumbi kecamatan cimanggung, Selasa (15/10/2019).

Sebelum ke lokasi unsur terkait bersama warga masyarakat melaksanakan apel gelar pasukan dan perlengkapan di lapangan sepak bola Desa Cimanggung, untuk membagi sektor pemadaman dilokasi.

“Titik api pertamakli diketahui muncul tiga hari lalu dan api semakin menjalar ke area sekelikingnya sehingga menyebabkan hektaran hutan di blok gunung kareumbi terbakar,” Imbuhnya

Novianto juga menuturkan tanaman hutan yang terbakar itu sebagian besar merupakan pohon kayu pinus, bambu, dan alang-alang.

Kencangnya tiupan angin di kawasan tersebut menyebabkan api terus menjalar ke area sekitar lahan hutan tersebut.

Mengingat perjalan ke lokasi kebakaran cukup jauh, dan tidak bisa dijangkau oleh kendaraan pemadam kebakaran, memaksa personel yang akan memadamkan api berjalan kaki dan menggunakan alat seadanya.

Mekanisme pemadaman yang kita lakukan dengan cara menyekat area yang terbakar agar api tidak menjalar ke area lain, dan menimbun sisa-sisa api dengan tanah supaya tidak tertiup angin.

Hasilnya, Alhamdulillah dengan segala upaya dan kemampuan petugas dan warga api dapat dipadamkan. (rhanie/forkowas)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *