IMG_20191117_201956:

Legislator Ini, Apresiasi Keberhasilan Tim Densus 88 Tangkap Pelaku Terduga Teroris

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

BANDUNG, TRIMEKAR – Anggota DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag., M.Ap., turut mengapresiasi atas keberhasilan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 yang sudah menangkap sejumlah pelaku terduga teroris di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Bandung.

“Kita apresiasi. Ini bagian dari keberhasilan Tim Densus 88, Intelejen Polri dan BIN dalam upaya menangkap para pelaku terduga teroris,” kata Cucun kepada wartawan usai melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di halaman Yayasan Haji Saepudin Suwinta di Desa/Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung, Minggu (17/11/2019).

Cucun mengatakan, tanpa kehadiran aparat Intelejen dalam pengungkapan kasus terorisme tidak akan terdeteksi.

Dengan adanya kerja keras aparat Intelejen dan Tim Densus 88 itu, Cucun berharap, bisa meminimalisir pemahaman radikalisme yang dilakukan oleh warga.

“Pemahaman radikalisme di mata para pelaku terduga teroris merupakan jihad. Itu konsep pemahaman keagaman yang salah dan harus diluruskan,” katanya.

Karena itu pentingnya dilaksanakan deteksi dini untuk mencegah paham radikalisme.

Menurutnya, penangkapan dua terduga teroris di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung bagian dari antisipasi penyebaran paham keagamaan yang salah.

Cucun pun berharap dengan adanya penangkapan para terduga teroris itu, tidak sampai kejadian serupa menyebar. Pasalnya, jika dibiarkan kejadian serupa akan terus tumbuh dan banyak tersebar di kalangan warga.

“Sebenarnya, penangkapan kedua terduga teroris di Pasirjambu itu bukan kecolongan. Karena memang sel (para terduga teroris) sudah terlalu luas,” katanya.

Menurutnya, para terduga teroris itu harus diberikan pemahaman, bahwa tindakannya itu salah.

“Jangan sampai mereka (terduga teroris) memiliki pemahaman yang salah dan menurut mereka merasa yang paling benar,” katanya.

Ia berharap, untuk mencegah atau mengantisipasi meluasnya paham radikalisme itu, para kiai memiliki peranan penting untuk melakukan dakwah kepada masyarakat luas.

“Para kiai harus terus berdakwah kepada masyarakat untuk memberikan pemahaman yang benar tentang agama kepada masyarakat. Disini pun peran media harus turut membantunya, dalam menyampaikan imformasi yang benar kepada masyarakat luas,” harapnya.

Cucun juga berharap kepada BIN maupun Polri untuk pro aktif melakukan komunikasi dengan tokoh agama maupun masyarakat dalam upaya pencegahan paham radikalisme.

“Ketika ada gejala orang pendatang, kemudian memiliki pemahaman yang beda dengan kita sebagai warga setempat patut dicurigai. Apalagi warga pendatang itu memiliki tujuan tertentu yang tak diharapkan,” ucapnya.

Tidak menutup kemungkinan, diungkapnya, penyebaran paham radikalisme itu, para pelaku melakukan komunikasi melalui media sosial.

Hal tersebut harus dideteksi lebih dini.
Lebih lanjut Cucun mengatakan, dalam pertemuan rapat dengan jajaran Polri dan Kejagung di Jakarta, pihaknya selalu mendorong aparat hukum kerja maksimal.

“Kita juga memberikan apresiasi melalui suport angaran. Dengan harapan Indonesia aman dan tertib. Tidak berharap, Indonesia seperti di Timur Tengah yang mengarah pada konflik kehancuran,” ungkapnya.

Cucun pun mengatakan, memberantas para pelaku terduga teroris tersebut bukan untuk menghancurkan.

Tetapi berusaha untuk mengembalikan dan menyadarkan para pelaku terduga teroris untuk kembali ke jalan yang benar.

“Indonesia itu sudah final. Hasil perjuangan para kiai, di Indonesia sudah ada Bhinneka Tunggal Ika. Tak membuat sebuah kesimpulan, berbeda keyakinan itu dianggap musuh. Itu paham yang salah dan harus diluruskan. Kita harus berusaha mengembalikan pemikiran yang salah ke pemikiran yang benar,” pungkasnya. (TM-15)***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Vaksinasi, Kodim Sumedang Datangi Sasaran Hingga Pedesaan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Babinsa Wargaluyu Perkuat Silaturahmi Warga Binaannya

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kapolres Lakukan Sertijab Sejumlah Pejabat Utama Polres Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Herman Habibullah: Kemandirian dan Keramat Pesantren Harus Dijaga

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Jabatan Danramil Tanjungkerta Diserahterimakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Satgas Anti Rentenir Terima 7.321 Aduan, Sebagian Soal Pinjaman Online

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Garut Naik ke Level 3, Vaksinasi Digelorakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Uu Terapkan Program Pesantren Sehat Santri Berseri

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Ridwan Kamil Melepas Kafilah STQH Jabar

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

HJKB 211 ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com