“Muludan”, Kodim 0610 Sumedang, Kasdim : Tanamkan Bibit Cinta kepada Rosulullah

SUMEDANG, TRIMEKAR – Personil Kodim 0610 Sumedang yang diantaranya TNI, Pegawai Negri Sipil (PNS) beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI memperingati maulid nabi Muhammad SAW, di Mesjid At Taqwa Makodim 0610 Sumedang, Kamis 14 November 2019.

Tema dari kegiatan tersebut, “Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1441 H/ 2019 M, Kita Implementasikan Akhlak Mulia Dalam Kehidupan Sehari-hari Guna Mewujudkan Prajurit dan PNS TNI AD Profesional Kebanggaan Rakyat”. berte

Terpantau, kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Sertu Sarif hidayat yang dilanjutkan sambutan Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han) melalui Kasdim 0610/Sumedang Mayor Inf Anang pramudyanto S.Sos.

Dalam sambutan, Ia mengatakan, bulan Rabi’ul Awal merupakan bulan yang sangat mulia bagi kaum muslimin.

Karena, pada bulan ini terlahir seorang yang sangat dibanggakan dan dicintai oleh umat islam di seluruh dunia tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal, yakni Rasulullah Muhammad SAW.

“Tujuan dari memperingati atau merayakan maulid Nabi ini adalah untuk menanamkan bibit-bibit cinta di hati kita kepada Nabi Muhammad SAW, membangkitkan kembali semangat dalam melaksanakan segala perintah dan menjauhi semua larangannya,” ucap Kasdim.

Bahkan, mengambil hikmah untuk meneladani akhlak Rosululloh yang sidiq, jujur, dipercaya, tabligh, cerdas dan intelektual.

Sementara itu, dalam tausiyahnya, K.H. Drs Dadang Nurkholis menyampaikan Nabi Muhammad SAW sebagai sosok yang cerdas.

Sehingga, wajib dijadikan suri tauladan terbaik bagi manusia yang menginginkan ridhonya.

“Kita sebagai umat Islam harus mampu meneladani beliau sebagai Rosul pembawa ajaran Agama Islam di muka bumi,” tuturnya.

Hidup manusia di dunia itu hanya sebentar saja, ucap dia, sedangkan kehidupan di akhirat selama-lamanya.

Maka, dapat diartikan bahwa kehidupan yang sebentar tersebut sangat menentukan pada kehidupan di akhirat nanti.

“Manusia selalu diarahkan pada kebenaran untuk mampu mencontoh sikap, perilaku dan tindak tanduk Rosulullah sebagai khalifah pemimpin umat Islam,” ujarnya.

Secara khusus, dalam hal menghormati antar sesama agama dalam tali ukuwah islamiyah yang merupakan wujud maupun sikap dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

“Perbanyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW,” ujarnya. (TM-2/rls)***

Foto : Pendim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *