IMG_20191202_093224:

Dewan PKB, Dorong Kabupaten Bandung Miliki Lahan TPPAS

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

KAB. BANDUNG, TRIMEKAR – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jawa Barat Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Asep Syamsudin S.Ag mendorong Pemerintah Kabupaten Bandung untuk segera memiliki tanah untuk pembuangan tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah.

Pasalnya, ia menilai bahwa puluhan ton tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah yang dihasilkan di Kabupaten Bandung kalau tidak ada pembuangan akhir itu akan bermasalah.

Sedangkan rasio tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah di Kabupaten Bandung per harinya bisa menghasilkan sebanyak 1.440 ton.

“Dari data Pemerintah Provinsi Jawa Barat, rasio tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah yang dihasilkan oleh 3,7 juta penduduk Kabupaten Bandung harus berbanding lurus dengan tempat pembuangan akhir,” ucapnya.

Rata-rata, tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah rumah tangga 0,5 kg. Sedangkan Dinas Lingkungan Hidup Kota/Kabupaten hanya mampu memberikan dan membuang 30 persen ke TPA Sarimukti, dan tipping fee-nya sebesar Rp 50 ribu.

“Bahkan setiap tahunnya Kabupaten Bandung harus mengeluarkan Rp 4-5 miliar untuk membayar tipping fee TPA Sarimukti,” ujarnya ketika ditemui di Madrasah Darussalam Cangkuang Kulon Kecamatan Dayeuhkolot, Minggi (1/12/2019).

Oleh karena itu, anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ini menilai urgensi bagi Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mengolah dan memiliki lahan tempat pengelolaan dan pemrosesan akhir tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah (TPPAS).

Pada sisi lain, legislator asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini menilai tempat TPPAS Legok Nangka yang berada di kawasan Nagreg sampai saat ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 4 triliun, sisi lainnya itu belum optimal meskipun pemerintah pusat memberikan subsidi sebesar Rp 1,8 triliun.

“Saat ini, TPPS Legok Nangka yang berada di Nagreg belum ada investor yang siap dengan angggaran 2,2 triliun,” ujarnya.

Ke depan, ia berharap bahwa Pemkab Bandung terus menerus melakukan edukasi sosial terkait pengelolaan tps://trimekarfm.com/tag/sampah/">sampah dimulai dari keluarga. (TM-15)***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Kapolres Lakukan Sertijab Sejumlah Pejabat Utama Polres Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Herman Habibullah: Kemandirian dan Keramat Pesantren Harus Dijaga

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Jabatan Danramil Tanjungkerta Diserahterimakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Cimalaka Dipantau Polisi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Alumni Akabri 1989 Berbagi Sembako, Lakukan Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Satgas Anti Rentenir Terima 7.321 Aduan, Sebagian Soal Pinjaman Online

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Garut Naik ke Level 3, Vaksinasi Digelorakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Uu Terapkan Program Pesantren Sehat Santri Berseri

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Ridwan Kamil Melepas Kafilah STQH Jabar

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

HJKB 211 ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com