Forkowas, Isi Materi Workshop Citizen Journalism di Sumedang

SUMEDANG, TRIMEKAR – Sekira 150 orang pegiat media sosial (medsos) mengikuti workshop bertajuk ‘Citizen Journalism’ di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Minggu 8 Desember 2019.

Mereka, merupakan warga Sumedang yang datang dari perwakilan masing-masing desa se-Kabupaten Sumedang.

Kegiatan tersebut, digagas komunitas Grup Facebook (FB) Media Online Sumedang yang bekerja sama dengan Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas) yang juga didukung oleh detikcom.

Hadir menjadi nara sumber, diantaranya Triono Wahyu Sudibyo (Wakil Redaktur Pelaksana 20Detik Daily), Marwan (Enggagment Coordinator detikcom), Baban Gandapurnama (Redaktur detikcom Biro Jabar).

Sementara itu, materi yang lainnya terkait jurnalistik disampaikan perwakian dari Forkowas.

Diantaranya, Adang Jukardi (Pikiran Rakyat), Feri Purnama (Antara) dan Anggi Putra (Net TV).

Yayan NK, pendiri grup FB Media Online Sumedang mengatakan,
acara tersebut digelar untuk memberikan wawasan kepada masyarakat Sumedang khususnya pegiat medsos, agar mendapatkan ilmu jurnalistik baik teks, foto dan video.

Sehingga, kata Yayan, diharapkan mereka bisa menjadi pegiat medsos yang positif.

Bukan hanya itu, diharapkan bisa mengangkat potensi daerah juga menjadi alat kontrol sosial di Sumedang.

Peserta yang hadir, terdiri dari berbagai kalangan mulai YouTuber, perwakilan karang taruna, vloger, perwakilan pusat informasi konseling remaja, hingga operator IT Kampung Keluarga Berencana (KB) tiap kecamatan di Sumedang.

Respons peserta sangat antusias terbukti dari membludaknya pendaftar dari berbagai daerah di pelosok Sumedang yang ingin belajar soal jurnalisme warga

Ketua Forkowas, Azis Abdullah merespons positif kegiatan yang digelar Komunitas FB Media Online Sumedang.

Menurutnya, itu merupakan ide kreatif dari komunitas grup FB di Sumedang.

“Mereka mengajak warga Sumedang menjadi jurnalis bagi diri sendiri yang endingnya akan paham soal fakta-fakta, jadi terhindar soal hoaks,” ujarnya. (Syarif) ***

Exit mobile version