Langganan Banjir, Saluran Sungai Burujul Dibersihkan Warga dan TNI

SUMEDANG, TRIMEKAR – Sungai Burujul acap kali meluap yang juga menyebabkan banjir ke pemukiman dan jalan umum ketika hujan.

Menekan banjir, maka personil TNI dan masyarakat Lingkungan Sindangpalay melakukan gotong royong membersihkan saluran sungai tersebut, Selasa Pagi (10/12/2019).

Hal tersebut dibenarkan Ketua RW 4 Lingkung Sindangpalay, Yana Mulyana saat dikonfirmasi TRIMEKAR pada saat melaksanakan karya bakti pembersihan saluran sungai yang ada di Kelurahan Pasangrahanbaru Kecamatan Sumedang Selatan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak TNI dari Koramil Sumedang Selatan yang sangat peduli akan kebersihan dan keselamatan warga,” ucap Yana.

Kawasan sungai itu memang bisa dikategorikan daerah rawan banjir dan menjadi musiman.ketika hujan.

“Pokonya apabila terjadi hujan, pasti pasti air dari sungai ini meluap dan menyebabkan banjir ke pemukiman warga,” imbuhnya

Ia bersama warga selalu berupaya untuk mencegah terjadinya banjir yang disebabkan oleh luapan air dari sungai tersebut.

Diantaranya, dengan cara komitmen bersama warga untuk tidak membuang sampah ke saluran sungai, karena dapat menyebakan aliran tersumbat.

Hal serupa juga diungkapkan Danramil 1001/Sumedang Utara Kapten Inf. Ruhdi Prasetijo melalui Batibung Perwakilan Koramil Sumedang Selatan Peltu Aji Purwana, bahwa kegiatan karya bakti ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019.

Disamping untuk menjaga kebersihan kegiatan karya bhakti ini bertujuan untuk “Membangun Kebersamaan Antara TNI dengan Masyarakat” sesuai Tema Hari Juang TNI AD Tahun 2019 ini adalah “TNI AD Adalah Kita”.

Dengan terciptanya kondisi saluran sungai yang bersih, maka aliran air dapat berjalan dengan normal, karena tidak tersumbat oleh tumpukan sampah atau material lainnya.

“Apabila aliran air normal dan lancar, kita bisa terhindar dari luapan air dari sungai dan terbebas dari banjir,” ujarnya. (TM-2)***

Exit mobile version