IMG_20200501_003359:

Ketua Apdesi: Pemdes Agar Fokus Daerahnya Terbebas Wabah Covid-19

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

Radio Trimekar FM – Ketua Apdesi Kab. Sumedang Andre Y Mochtar mengatakan, adanya peningkatan jumlah warga yang terindikasi positif hasil rapid test masif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang, membuat kita harus lebih hati-hati dan waspada.

Dikatakan, apalagi jika melihat jumlah ODR yang masih diangka ribuan, dan mereka semuanya menyebar di Kabupaten Sumedang, tentu akan berpotensi resiko yang tidak diharapkan.

“Saya menghimbau kepada seluruh rekan-rekan Kepala Desa di Kabupaten Sumedang, untuk mengoptimalkan penanganan Covid-19 ini,” katanya, dikutip dari KAPOL.ID jaringan Radio Trimekar FM, Kamis 30 April 2020.

Diantaranya, pertama fokus terkait bagaimana caranya daerah masing-masing bisa terbebas dari wabah covid-19.

Sehingga, jika ada warga ODR, ODP, apalagi ODP dan sudah Positif, agar segera diedukasi untuk melakukan isolasi maupun karantina.

Baik secara mandiri, maupun segera melaporkan ke Gugus Tugas Penangananan Covid-19 Kabupaten Sumedang, yaitu melalui PSC 119 atau melalui WA/Telp SSQR di No 0811200133.

Itu, sebagaimana arahan dari Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam bidang Penanganan Covid-19.

Kedua, melakukan komunikasi secara baik. Baik secara vertikal ke RW, RT, maupun ke tingkat kecamatan dan kabupaten, dan secara horizontal antar sesama Kepala Desa dalam menjaga kondusivitas penanganan wabah ini.

Sehingga tidak tergradasi menjadi masalah sosial ekonomi lainnya.

“Ketiga, memahami tentang dampak sosial ekonomi akibat covid-19, terutama selama PSBB di Kabupaten Sumedang. Sehingga tidak ada lagi miskomunikasi, yang mengakibatkan keributan di media sosial yang sebetulnya tidak perlu jika kita semuanya sudah paham alurnya, sebagaimana penjelasan Pak Sekda pada saat meeting secara online,” ujarnya.

Keempat, tidak ada lagi penolakan bantuan baik dari kabupaten, Provinsi maupun Pusat. Yang karena salah informasi, sehingga kerugian ada pada kita semuanya.

“Manfaatkan segala potensi desa, termasuk bantuan dan ajakan kepada warga lainnya agar kita bisa sama-sama bahu membahu, paheuyeuk-heuyeuk leunguen, dalam memerangi wabah ini,” tuturnya.

Kelima, melakukan segala kebijakan secara adil dan transfaran, serta terbuka kepada masyarakat agar tidak terjadi gesekan yang justru mengakibatkan kecemburuan bagi warga lainnya.

“Hindari pilih kasih, sebagaimana banyak laporan warga di media sosial (jika memang ada). Dan segera klarifikasi jika ada hal yang salah informasi, agar tidak melebar yang akhirnya merugikan kita semuanya,” ucapnya.

Keenam, menjalin kerjasama dengan pihak lain selain Pemerintah, dalam hal distribusi bantuan, sehingga tepat sasaran. Khususnya jika ada bantuan dari relawan, organisasi, instansi swasta atau pemerintah.

Ketujuh, utamakan untuk menjaga warga jangan sampai ada yang kelaparan sebagaimana pesan Bapak Bupati Sumedang, dengan cara memanfaatkan bantuan yang ada atau mendorong warga lain yang memiliki kemampuan agar berdonasi saling berbagi.

“Sebelum semua bantuan baik dari Pusat, Provinsi, Pemkab dan Desa bisa dicairkan,” ujar Andre. (Egy)***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Herman Habibullah: Kemandirian dan Keramat Pesantren Harus Dijaga

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Jabatan Danramil Tanjungkerta Diserahterimakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Cimalaka Dipantau Polisi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Alumni Akabri 1989 Berbagi Sembako, Lakukan Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kodim Sumedang Gelar Gebyar Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Satgas Anti Rentenir Terima 7.321 Aduan, Sebagian Soal Pinjaman Online

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Garut Naik ke Level 3, Vaksinasi Digelorakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Uu Terapkan Program Pesantren Sehat Santri Berseri

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Ridwan Kamil Melepas Kafilah STQH Jabar

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

HJKB 211 ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com