Dandim Sumedang Realisasikan Program Bios 44, Dongkrak Potensi Pertanian

Radio Trimekar FM – Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf. Zaenal Mustofa dan petani melakukan panen padi demplot ketahanan pangan yang merupakan program Bios 44 Kodim 0610/Sumedang.

Kegiatan tersebut dilakukan di kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Kamis (27/08/2020).

Dandim menjelaskan bahwa Bios 44 ini merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme berupa cairan fermentasi.

“Upaya ini diharapkan memotivasi petani untuk menggunakan Bios 44. Sehingga dapat mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Karena, Bios 44 ini jika dilihat dari efesiensi penggunaannya dan juga biaya sangat murah disamping memiliki keunggulan tidak hanya untuk pertanian saja.

“Kalau dihitung dengan rupiah Bios 44 ini sangat murah dibandingkan jika menggunakan pupuk kimia untuk pertanian,” ujarnya.

Bios ini juga memiliki keunggulan tidak saja hanya untuk pertanian tetapi dapat diterapkan juga untuk peternakan, perikanan serta bisa digunakan untuk merestorasi lahan gambut dan tandus.

“Kami berharap adanya sinergi Pemerintahan Kabupten Sumedang terutama dinas terkait dalam memakmurkan petani dengan menggunakan Bios 44,” ucapnya.

Sehingga penghasilan petani Kabupaten Sumedang lebih meningkat lagi dapat mendukung pemerintah pusat dalam menciptakan swasembada pangan.

Karyana, anggota Kelompok Tani Parigi Mukti mengatakan, hasil panen berbeda dari sebelum memakai Bios 44.

Karena sesudah memakai Bios 44, kerusakan karena diganggu hama tikus jadi sedikit. (Ziz)***

 

 

Exit mobile version