Wabup: Harus Ada Pembenahan Tata Kelola Penggunaan Aset Pemda

Radio Trimekar FM – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meminta pengelolaan aset daerah harus mempunyai nilai ekonomis tinggi agar bermanfaat dan berguna bagi masyarakat.

Ia tidak menginginkan aset pemerintah daerah menjadi terbengkalai, karena pemanfaatannya tidak efektif dan menimbulkan kerugian atau hanya dimanfaatkan oleh segelintir individu tertentu.

“Kita harus memikirkan pengelolaan aset agar berguna bagi masyarakat bukan kepentingan pribadi,” kata Wabup Erwan saat meninjau aset milik daerah di desa Tolengas kecamatan Tomo, Rabu (16/9/2020).

Untuk itu, Wabup mengharapkan ada pembenahan tata kelola agar penggunaan aset miliki pemerintah daerah dilakukan secara optimal dan memberikan dampak positif bagi daerah secara keseluruhan.

“Setelah ini saya akan rapatkan dengan bagian Aset, Diskoperindag dan Bappppeda kedepannya seperti apa, kalau tidak menguntungkan kita stop dan ambil alih supaya lebih bermanfaat dan harus ada peningkatan untuk PAD Sumedang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga melihat potensi wisata di dusun Situsari desa Tolengas. Kurang lebih ada sekitar 40 hektar tanah desa yang terbengkalai dan tidak produktif.

Kedepan, wabup akan mencoba menelaah untuk mendatangkan investor dan kedepan rencananya lahan desa takan dikembangkan menjadi agrowisata dan pengembangan wisata lainnya sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat desa

“Lahan lebih cocok untuk agrowisata dan wisata lain. lokasinya sangat strategis sekali, kebandara jaraknya hanya 4 km dan akses ke jalan raya sangat dekat. Akses bagus, potensi bagus kenapa kita tidak manfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (Opah)***

 

Exit mobile version