IMG-20211026-WA0049:

Kodim 0617 Majalengka Buat Ramuan Cegah COVID-19: Wedang ‘Uwuh Sugih Mukti’

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

Radio Trimekar FM – Kodim 0617 Majalengka membuat ramuan untuk mencegah terpaparnya COVID-19. Ramuan ini dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Komandan Kodim 0617 Majalengka Letkol (Inf) Andik Siswanto mengatakan, cara yang paling efektif dalam mencegah penularan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Akan tetapi, kondisi itu perlu ditopang dengan peningkatan daya tahan tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Latar belakang itulah yang mendasari pihaknya mencoba membuat formula baru dalam membuat wedang dengan bahan dasar rempah-rempah yang kandungan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

“Di antara kandungan kimia dalam rempah-rempah seperti jahe, sereh, daun pala, cengkeh, kayu secang, cengkeh itu dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga ketika ada penyakit atau virus masuk, mampu melawannya,”ujar Dandim Majalengka saat bersilaturrahmi ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka, Rabu (2/12/2020).

Dikatakan dia, pembuatan minuman yang dikemas dalam wedang jahe dengan bahan cengkeh, sereh wangi, daun pala, jahe, ini bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan.Minuman hangat penuh hasiat ini diberi nama ‘Wedang Uwuh Sugih Mukti’.

“Wedang sereh wangi yang kami buat itu bukan hanya sekadar teori tapi sudah diproduksi dan dinikmati dalam jumlah besar. Khasiatnya selain meningkatkan imunitas tubuh juga untuk menurunkan kolestrol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badaan, serta melancarkan sirkulasi tubuh,”katanya.

Pihaknya menyarankan di tengah melonjaknya pandemi Covid-19 ini, masyarakat masyarakat diimbau tidak lelah menerapkan protokol kesehatan dan selalu daya tahan tubuh. Salah satunya mengkonsumsi Wedang Uwuh Sugih Mukti yang bahan dasarnya dari rempah-rempah.

“Ini minuman para raja terdahulu. Khasiatnya bisa mengobati dan mencegah beragam penyakit, serta meningkatkan daya tahan tubuh kita. Karena dengan rajin mengkonsumsi minuman rempah rempah dapat meningkatkan sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit,”ujarnya.

Selain itu, hadirnya Wedang Uwuh Sugih Mukti, sekaligus menjadi bagian dari visi dan misi Kodim 0617/Majalengka, melalui program ‘Sereh Wangi Sugih Mukti’. Karena dalam proses pembuatannya memberdayakan masyarakat setempat untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga selain pemberdayaan ekonomi.
Bahkan saat ini menjadi percontohaan di Kemendikbud RI dan tahun depan Majalengka akan menjadi percontohan bagi kota dan kabupaten di daerah lain.

“Melalui program Sereh Wangi Sugih Mukti ini, kami terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung ketahanan pangan, ekonomi dan kesehatan masyarakat Kabupaten Majalengka yang Raharja,”jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga saat ini tengah merancang konsep kampung kuliner di tengah hutan yang lokasinya di Desa Bayureja Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka.

“Nanti di kampung kuliner ini akan menyediakan makanan tradisional termasuk sarana dan prasananya. Sehingga diharapkan ini menjadi kuliner khas Majalengka dan icon baru bagi Majalengka,” ungkapnya. (Mubaroq)***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Polres Sumedang Tangkap Pengedar Sabu

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kapolres Tekankan Warga Terapkan Prokes dalam Pilkades Serentak

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Ini Cara Babinsa Wargaluyu Perkuat Silaturahmi dengan Warga, Cegah Covid-19

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Atalia: Perluas Cakupan Vaksinasi Covid-19, Kasus Naik dan Turun

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kadiskominfo: Garut Belum Aman Covid-19, Terapkan Prokes

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Atalia: Perluas Cakupan Vaksinasi Covid-19, Kasus Naik dan Turun

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kadiskominfo: Garut Belum Aman Covid-19, Terapkan Prokes

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Jabar: PTM di Pangandaran Berjalan Baik, Terapkan Prokes

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Ruddy: Awal November, Garut Turun ke Level 2

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Wisata Alam Teras Kahuripan, Nyaman dan Bikin Pengunjung Puas

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com