Lengser Jadi Ketua PWI, Iyan Irwandi Wariskan Aset Organisasi

Radio Trimekar FM – Meski akan lengsernya Iyan Irwandi, S.IP., sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan periode 2014-2017 & 2017-2020, tetapi berhasil meninggalkan warisan yang menjadi aset organisasi untuk dikelola, dimanfaatkan dan dipergunakan semaksimal mungkin demi kepentingan bersama.

Pasalnya, ketika peralihan tongkat estafet kepemimpinan dari pengurus sebelumnya sangat memprihatinkan sebab hanya beberapa barang saja yang diserahkan.

Yakni, 1 unit stempel kayu dan 2 lembar bendera PWI warna putih ukuran kecil. Sedangkan kantor kesekretariatan, malah sudah disewakan beberapa tahun oleh pengurus sebelumnya.

“Dulu sedih sekali. Kantor tidak ada, barang-barang penunjang kegiatan keorganisasian pun tidak punya. Namun sekarang ini, saya bersyukur karena di saat lengser sebagai ketua, masih bisa mewariskan aset yang cukup lumayan untuk dimanfaatkan anggota,” ujar Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi, S.IP., kemarin.

Aset tersebut terbagi menjadi dua jenis. Yakni, berupa barang-barang penunjang kelengkapan kesekretariatan kantor yang bisa dimanfaatkan anggota dalam melaksanakan profesi jurnalistiknya.

Dan program kerja yang sudah berjalan baik sehingga tinggal melanjutkannya saja.

Sedangkan aset dalam bentuk barang, meliputi 1 set kursi tamu, 2 unit meja rapat, 1 unit papan rapat, 3 unit kipas angin, 1 unit televisi, 1 unit dvd, 1 unit wireless, 1 unit kompor gas beserta tabungnya, 1 unit dispenser, 1 unit magicom, 1 unit jam dinding, 1 unit pigura organigram, 1 unit laptop dan 1 unit printer.

Lalu, 1 unit lapang tenis meja beserta kelengkapannya, tiga lembar karpet, 1 unit rak perabot1 set kelengkapan kebersihan, 3 unit ember besar, 1 unit lemari piring kabinet, 1 unit meja ketua, 1 unit kursi ketua, alat makan (piring, sendok, gelas) dan panci, 7 unit kabel terminal dan 1 unit meja televisi.

Berikutnya aset dalam bentuk program kerja yang telah dirintis dengan susah payah tetapi kini telah berjalan lancar sebagaimana mestinya adalah program kegiatan jalan santai ceria PWI Sahabat Masyarakat yang sudah berlangsung selama 5 tahun berturut-turut. Kecuali tahun 2020 karena situasi Covid-19.

Kegiatan untuk mengembalikan lagi citra wartawan khususnya yang berada di bawah naungan PWI Kabupaten Kuningan tersebut bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Nasional (PHBN).

Setiap tahunnya, selalu dinanti oleh ribuan warga dari berbagai pelosok Kota Kuda karena sekalian berbagi sedikit rejeki.

Selanjutnya, kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan para jurnalis agar bisa lebih berkompeten karena dalam pelaksanaanya melibatkan tim penguji yang telah bersertifikasi dari Dewan Pers.

Kegiatan yang berhasil diselenggarakan tahun 2018 dan 2019 tersebut bekerjasama dengan Bagian Humas Setda Kuningan.

“Alhamdulillah, banyak program kerja yang berhasil dilaksanakan. Baik kegiatan jalan santai, UKW, Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK), peningkatan status anggota, buka puasa bersama, halal bihalal, pembagian takjil, donor darah, bakti sosial maupun kegiatan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, pada tanggal 10 Desember 2020, PWI Kabupaten Kuningan akan menggelar pelaksanaan konferensi untuk memilih ketua yang baru di kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Hanya saja, meski anggotanya cukup banyak tetapi yang berhak memilih hanya 21 orang yang status kartu keanggotaannya sudah biasa. (Gie)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *