/Pemda Sumedang Targetkan Naik Level pada Penilaian KLA dan APE 2021

Pemda Sumedang Targetkan Naik Level pada Penilaian KLA dan APE 2021

Radio Trimekar FM РPemerintah Daerah Sumedang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumedang menargetkan naik level pada penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Dinsos P3A Kabupaten Sumedang Dian Putri Muchlis usai melaksanakan Rapat Koordinasi Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di Pendopo IPP, Kamis, (25/3/2021).

“Tahun 2019 kita merebut penghargaan KLA kategori Pratama,¬†pada penilaian tahun 2021 ini kita akan berupaya menargetkan kategori Utama. Untuk APE sekarang kita sudah berada dilevel Madya, tahun ini kita menargetkan level Mentor,” ujarnya.

Dikatakan Dian, paling tidak ada dua puluh empat indikator yang harus dipenuhi sebagai Kabupaten Layak Anak yang tertuang dalam lima klaster dan dua ratus indikator yang harus dipenuhi untuk meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.

Untuk penilaian KLA tahun ini, kata Dian pihaknya sudah mulai melaksanakan pengisian eviden ke Kementerian PPPA. Eviden ini, sudah memasuki deadline karena harus selesai pada tanggal dua april mendatang.

“Ada deadline waktu karena harus selesai tanggal dua april. Kami sudah siapkan pendata ditiap desa, kecamatan dan OPD, tinggal minta datanya kepada mereka melalui surat walaupun masih ada beberapa OPD yang belum memenuhi” ujarnya.

Khusus untuk penilaian APE, lanjut Dian, pihaknya juga sudah menyerahkan eviden dan sudah mencapai seratus persen. Namun, seluruh eviden ini akan dilakukan diuji petik dahulu oleh Tim dari Kementerian melalui zoom meeting yang rencananya akan dilaksanakan hari senin mendatang.

“Untuk APE kita sudah menyampaikan semua eviden, Alhamdulillah sudah seratus persen. Tetapi, semua eviden ini akan diuji petik dahulu melalui zoom meting kepada dinasnya masing masing,” ungkapnya.***

TAGS: