IMG-20200714-WA0125:

Wabup Erwan: Pelatihan Barista, Kembangkan Potensi Pemuda

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

Radio Trimekar FM – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang mengadakan pelatihan barista atau pembuat kopi di Aula Hotel Kencana, Senin (29/3/2021).

Pelatihan kecakapan hidup barista ini dibuka oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan diikuti 70 peserta yang terdiri dari 14 kelompok perwakilan KNPI dan Komunitas Pemuda di 12 kecamatan.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, bahwa pelatihan barista ini untuk memberikan edukasi kepada para pemuda dalam pengembangan kompetensi keahlian terutama dalam meningkatkan ekonomi ditengah pandemi covid-19 melalui kewirausahaan.

“Ini merupakan program Pemda melalui Disparbudpora. Ditengah pandemi covid-19 sekarang ini banyak sekali para pemuda yang belum mempunyai pekerjaan. Oleh karena itu, kami berikan pelatihan kepada mereka salah satunya melalui pelatihan barista,” ujar Wabup.

Dikatakan Wabup, selain diberikan pelatihan barista, pihak pemda juga turut memberikan bantuan peralatan berupa coffe grinder dan tenda kepada tiap kelompok. Saat ini, kata Wabup, totalnya sudah dua puluh empat kelompok yang menerima bantuan.

“Pada hari ini ada empat belas kelompok, kemarin sudah kami berikan kepada sepuluh kelompok, jadi totalnya ada dua puluh empat kelompok. Saya berharap, mereka bisa mandiri dan membuat kedai kopi sehingga membuka lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, saat ini prospek usaha kopi di Kabupaten Sumedang terus berkembang dan semakin baik. Hal ini cukup beralasan, pasalnya kabupaten Sumedang termasuk sebagai penghasil kopi terbesar di Jawa Barat.

Menurutnya, lebih dari lima kecamatan di Kabupaten Sumedang merupakan daerah penghasil kopi diantaranya Kecamatan Sukasari, Rancakalong, Gunung Manglayang Jatinangor, Gunung Cakrabuana Wado, Cisoka Sumedang Selatan dan Cimalaka.

“Saya berharap dengan melimpahnya hasil kopi ini bisa dimanfaatkan oleh para barista yang ada di Kabupaten Sumedang, sehingga lebih mengenalkan kopi Sumedang keluar daerah termasuk menambah wisata kuliner di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya. ***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Herman Habibullah: Kemandirian dan Keramat Pesantren Harus Dijaga

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Jabatan Danramil Tanjungkerta Diserahterimakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Cimalaka Dipantau Polisi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Alumni Akabri 1989 Berbagi Sembako, Lakukan Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Kodim Sumedang Gelar Gebyar Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Satgas Anti Rentenir Terima 7.321 Aduan, Sebagian Soal Pinjaman Online

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Garut Naik ke Level 3, Vaksinasi Digelorakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Uu Terapkan Program Pesantren Sehat Santri Berseri

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Ridwan Kamil Melepas Kafilah STQH Jabar

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

HJKB 211 ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com