IMG-20210216-WA0246:

Bupati Dony: Dorong Kemajuan Bumdes dan UMKM, Kerjasama dengan PT Pertani – PT BGR

TERBIT: REPORTER: EDITOR:

Radio Trimekar FM – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan Direktur Utama PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR Logistics) M. Kuncoro Wibowo dan Direktur Utama PT. Pertani (Persero) Maryono beserta jajaran di Gedung Negara, Selasa (20/4/2021).

Pertemuan tersebut membahas rencana kerja sama antara dalam rangka mendorong kemajuan Bumdes dan UMKM di Kabupaten Sumedang.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Asisten  Pembangunan Hilman Taufiq W S, Kepala Bappppeda Tuti Ruswati, Kepala DPMD Endah Kusyaman, Kepala Dinsos P3A Agus Muslim, unsur Diskop UKMPP dan Direktur PT Kampung Makmur Hendri Heryanto

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, rencana kerja sama Pemkab Sumedang dengan PT. BGR dan Pertani bertujuan untuk membantu Bumdes dan UMKM di Sumedang dalam penyediaan bahan pangan dan pemasarannya.

PT BGR dan Pertani ini, kata bupati, tidak hanya mensuplai kebutuhan pokok berkualitas dan harga yang kompetitif dengan minimarket tetapi juga siap membeli produk lokal untuk menggerakkan ekonomi desa.

“Bahan pangan dan hasil bumi Sumedang akan diserap oleh Pertani maupun PT. BGR. Tak hanya itu, Bumdes juga akan mendapat bahan-bahan yang murah sehingga masyarakat mendapatkan harga terbaik dan berkualitas,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, Sumedang harus bersyukur karena kerja sama tersebut akan membantu berkembangnya Bumdes di Sumedang.

Menurutnya, apabila Bumdes di Sumedang maju, akan berdampak pada pengentasan kemiskinan di tiap desa.

”PT. BGR dan Pertani akan membantu dengan memberikan perhatian khusus bagi berkembangnya dan majunya Bumdes di Kabupaten Sumedang. Ini penawaran luar biasa bagi Sumedang. Tentunya amanah ini akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dirut PT. Pertani (Persero) Maryono mengatakan, kehadiran BUMN Pertani tidak hanya sekedar berdagang, tetapi harus ikut hadir untuk mengembangkan pertanian di Sumedang agar semakin maju, berguna dan memberikan sumbangsihnya bagi negara.

“Kami akan hadir di sini untuk membantu, berkerja sama dan bermitra dengan Petani dan Bumdes-Bumdes yang ada di Sumedang diantaranya menyerap gabah dan harganya di atas harga pokok petani,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT.  BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo menuturkan, sebagai bagian dari klaster pangan, pihaknya merasa berkewajiban membantu Bumdes, petani, peternak dan nelayan dengan mengantarkan produk-produknya ke warung/UMKM.

Dalam waktu dekat, kata Kuncoro, pihaknya juga telah sepakat dengan Pemda Sumedang untuk menjadikan Sumedang sebagai pilot project atau percontohan dalam pengembangan Bumdes dan UMKM.

“Pertama kita sepakati dengan Pemda. Bumdesnya kita pegang dulu. Dalam hal ini lima Bumdes dijadikan pilot project. Setelah itu, kita akan beralih ke level UMKM. Sambutan dari bupati cukup baik. Harapan kami hal ini bisa segera terlaksana,” pungkasnya. ***

Sumber Berita: Radio Trimekar 93,9 MHz
Berita Terbaru

Kapolres Lakukan Sertijab Sejumlah Pejabat Utama Polres Sumedang

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Herman Habibullah: Kemandirian dan Keramat Pesantren Harus Dijaga

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Jabatan Danramil Tanjungkerta Diserahterimakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Cimalaka Dipantau Polisi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Alumni Akabri 1989 Berbagi Sembako, Lakukan Vaksinasi

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Regional

Satgas Anti Rentenir Terima 7.321 Aduan, Sebagian Soal Pinjaman Online

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Garut Naik ke Level 3, Vaksinasi Digelorakan

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Wagub Uu Terapkan Program Pesantren Sehat Santri Berseri

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: FORKOWAS

Ridwan Kamil Melepas Kafilah STQH Jabar

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

HJKB 211 ‘Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi’

TERBIT: REPORTER: ADMIN EDITOR: ADMIN

Komentar Terbaru

 Good Jobs untuk Bank Sunedang ditengah diaruosi global menjamurnya lembaga keuangan Fintech , masih bs in the track memenuhi kewajiban nya dan menjaga performa kinerja dg baik. Yg bikin bingung adalah PT.Kampung Makmur , seperti nya gk ada bisnis kreatif yg muncul sbg terobosan atau lompatan . Yang ada adalah seperti kehilangan fokus bisnis merambah garapan aset2 Pemda yg sdh diurus elemen lain. Bingung juga mengapresiasi bisnis plan ny dg 9 core tsb . Seolah olah sdh serakah dg gagasan yg semu tdk ada cire bisnis yg fokus jd unggulan."

naya sunarya
naya****rya22@gmail.com