Unma Serahkan Kasus Oknum Mahasiswanya ke Polisi

Majalengka, Trimekar FM – Kampus Universitas Majalengka (Unma) angkat bicara terkait adanya oknum mahasiswanya yang diduga melakukan tindakan seksual terhadap seorang wanita yang viral di media sosial.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini pelaku harus berurusan dengan aparat penegak hukum.

Rektor Unma Prof. Dr. H. Sutarman melalui Wakil Rektor I, Dr H Diding Bajuri membenarkan, jika ada salah seorang oknum mahasiswanya, yang diduga melakukan perbuatan tak senonoh di luar proses belajar mengajar di kampus.

“Saya kurang mengetahui benar atau tidaknya kejadian tersebut. Baru dapat kabar melalui sosial media. Kalau pun ya, kami menyerahkan sepenuhnya ke aparat penegak hukum,” ujar mantan Komisioner KPU Majalengka ini, Sabtu (3/7/2021).

Menurut dia, jumlah mahasiswa Unma itu mencapai puluhan ribu orang, sehingga pihaknya tidak mungkin memantau satu persatu aktivitas mahasiswanya. Terlebih kejadian itu di luar kegiatan perkulihaan kampus.

“Kalau di luar kampus kejadiannya, itu menjadi tanggungjawab pribadinya. Bukan pihak kampus. Dan tentunya kami akan memberikan sanksi tegas, baik secara moral maupun akademik jika memang sudah terbukti bersalah berdasarkan keputusan yang inkrah dari Pengadilan Negeri,”paparnya.

Dijelaskan Diding, di dalam peraturan kampus ada hubungan antara mahasiswa dan universitas. Di antaranya setiap Mahasiswa wajib menjunjung tinggi nama baik kampus.

Serta mematuhi segala peraturan yang ditetapkan baik yang menyangkut bidang akademik maupun non akademik, termasuk di dalamnya kegiatan berorganisasi.

“Bukan hanya itu, setiap mahasiswa pun diwajibkan menjaga nama baik Unma. Jika melanggar jelas ada sanksi tegasnya, dan itu sudah sepakati sebelum mahasiswa itu masuk ke kampus kami,” tuturnya.

Dirinya berharap jika memang benar peristiwa itu terjadi, pihak kampus berharap ada penyelesaian yang bersifat kekeluargaan secara win win solution sehingga tidak dilanjutkan melalui proses pengadilan.

“Kami juga meminta organisasi ekstra, sebagai penyelenggara kegiatan guna membantu dalam proses mediasi antara pelaku dan korban,”pintanya.

Sebelumnya, diinformasikan ada salah seorang oknum mahasiswa Unma yang melakukan tindakan pencabulan terhadap seorang wanita pada tengah malam ketika ada suatu kegiatan.

Wanita tersebut tidak terima dan melaporkan peristiwa tersebut ke pihak yang berwajib. Peristiwa ini juga menjadi viral di salah satu medsos dan mendapatkan kecaman serta meminta pelaku segera ditangkap .***

Exit mobile version