Sehari, Pangdam Targetkan 35 Ribu Vaksinasi di Jabar dan Banten

Radio Trimekar FM– Pangdam (Panglima Daerah Militer) III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto memberikan bantuan sebanyak 2 ribu dosis vaksin untuk 200 siswa/siswi SMPN 6 dan masyarakat Garut yang vaksinasinya dilaksanakan di kawasan Stasiun Garut, Kecamatan Garut Kota, Rabu (8/9/2021).

Pemberian vaksin tersebut dilakukan saat Pangdam melaksanakan peninjauan langsung kegiatan vaksinasi di Stasiun Kereta Garut, didampingi Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi Ny Evi Agus Subiyanto, dalam rangka mendukung program gerak cepat pelaksanaan vaksinasi.

Sebagai penunjang pelaksanaan vaksinasi di Garut Pangdam pun memberikan bantuan sebanyak 50 tenaga kesehatan (Nakes) yang terdiri dari Nakes TNI AD, Polri dan Dinkes.

Melalui bantuan vaksin tersebut dia berharap, program target 35 ribu vaksinasi per hari untuk daerah Jawa Barat dan Banten bisa tercapai, sehingga terbentuk herd immunity untuk masyarakat dan anak-anak sekolah dalam rangka dimulainya PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

Pangdam pun merasa optimis targetnya bisa tercapai, meski diakuinya, ketersediaan dosis vaksin sendiri masih sangat berpengaruh dan masih perlu adanya dukungan dari berbagai pihak.

Guna membantu percepatan vaksinasi di masyarakat, Pangdam pun menerangkan bahwa pihaknya telah menerapkan 3 strategi.

Strategi pertama katanya melakukan vaksinasi reguler setiap hari di 42 titik yang dikoordinir oleh Babinsa, mendatangi tempat yang akan divaksin, serta melakukan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat.

Kunjungan Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan dalam melakukan Kunker ke Kabupaten Garut menggunakan Kereta Api Inspeksi (KAIS) milik PT. KAI yang berangkat dari Stasiun Bandung dan disambut langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Stasiun Cibatu Garut.

Sebelum melanjutkan perjalannnya ke Stasiun Garut, Pangdam beserta rombongan didampingi Bupati Garut sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah sekolah di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

Dalam penyambutannya, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyampaikan rasa gembira serta penghormatan atas kunjungan Pangdam III/ siliwangi ke Kabupaten Garut. Terlebih katanya, Mayjen TNI Agus Subiyanto sendiri bukanlah orang asing di Kabupaten Garut, karena sebelumnya pernah tugas di Cibuluh dan secara kebetulan pula mendapatkan istri salah seorang putra terbaik Kabupaten Garut yang pernah menjadi petugas Paskibraka di Tingkat Nasional.

“Tentu bapak panglima, atas nama masyarakat Kabupaten Garut, kami bergembira sekaligus memberikan penghormatan atas kunjungan bapak ke Garut. Kami pun paham betul tugas berat yang diemban bapak, karena sebagai Panglima Kodam III / Siliwangi memiliki wilayah yang sangat luas yaitu Jawa Barat dan Banten, tapi bapak bisa menyempatkan datang ke Garut yang merupakan bagian wilayah kecil dari wilayah kekuasaan bapak,” tutur Rudy.

Rudy pun menerangkan, bahwa di Kabupaten Garut selama ini sudah terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak, terutama TNI, Polri dan Pemerintah yang terus bahu membahu membangun Garut, termasuk dalam penanangan Covid-19.

Rudy pun berharap, kunjungan Pangdam beserta Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi Ny Evi Agus Subiyanto ini bisa berdampak positif terhadap percepatan vaksinasi di Garut, sehingga diharapkan pula, dalam waktu dekat kondisi perekonomian di Garut bisa segera beranjak pulih kembali.***

Laporan: Azis Abdullah

 

Exit mobile version