Latihan SAR Beregu Teknik Pertolongan di Waduk Jatigede

Radio Trimekar FMKepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah membuka kegiatan Latihan SAR Beregu Teknik Pertolongan di Air yang akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 2 hari kedepan sampai Rabu 30 Maret 2022.

Peserta kegiatan merupakan Rescuer Kantor SAR Bandung baik dari Pos SAR Cirebon, Pos SAR Tasikmalaya dan Unit Siaga SAR Pangandaran.

Kegiatan pembukaan dan materi teori akan dilaksanakan di Kantor SAR Bandung sedangkan aplikasi lapangan akan dilaksanakan di Waduk Jatigede, Sumedang.

Kegiatan bertujuan untuk mempertajam dan meningakatkan keterampilan rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di permukaan dan bawah air guna pelaksanaan operasi SAR yang lebih maksimal sehingga bisa memberikan pelayanan SAR bagi masyarakat dengan cepat, efektif dan efesien.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah S.Sos menyebutkan dalam sambutannya selain untuk mereview pengetahuan baik teori maupun skill rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di air.

“Kegiatan ini untuk familiarisasi Peralatan SAR air baru yang akan di uji fungsikan sehingga bisa dinilai kekurangan serta kelebihan peralatan SAR tersebut sehingga bisa di fungsikan secara maksimal pada saat operasi SAR,” ucapnya, 28 Maret 2022.

Ia mengatakan bahwa referensi terkait SAR terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Peralatan juga semakin canggih sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi termasuk meng- upgrade kemampuan, tantangan kedepan juga semakin sulit maka kita harus terus mengasah kemampuan.

Kegiatan pembukaan juga dilanjutkan dengan penyematan secara simbolis kepada perwakilan peserta oleh Kepala Kantor SAR Bandung dan ditutup dengan foto bersama.

Dikatakan bahwa referensi terkait SAR terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi, peralatan juga semakin canggih sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi termasuk meng- upgrade kemampuan, tantangan kedepan juga semakin sulit maka kita harus terus mengasah kemampuan. (Opah)***

 

Exit mobile version