promo trimekar
promo trimekar

Dewan Hakim MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Jabar, Dilantik

promo trimekar

Radio Trimekar FM – Setelah dilantik beberapa waktu lalu oleh Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, seluruh Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Jawa Barat langsung melaksanakan tugasnya di masing-masing arena lomba.

Sebagaimana terlihat pada Selasa (21/6) di arena Hifzil Qur’an SMAN 1 Sumedang, Dewan Juri terlihat sibuk memberikan penilaian kepada para peserta lomba.

“Cabang Hifzil Quran 1 sampai 5 Juz dan Tilawah berlangsung selama 6 hari dari tanggal 20 hingga 25 Juni 2022 di arena SMAN 1 Sumedang,” ujar H. Salim selaku Dewan Hakim di waktu istirahatnya.

Dikatakan, peserta terdiri dari 54 orang untuk golongan 1 juz dan 58 orang untuk golongan 5 juz dan Tilawah.

“Babak penyisihan dimulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Golongan 1 Juz dari pukul 8 pagi sampai pukul 12 siang dilanjutkan untuk Golongan 5 Juz pukul 13.30 sampai pukul 5 sore. Untuk hari ini peserta yang tampil masing-masing Golongan 11 orang,” terangnya.

Dikatakan Salim, Cabang Hifzil Quran termasuk cabang yang bergengsi pada MTQ  yang diikuti hafiz-hafizah atau penghafal Al-Quran secara perorangan.

“Untuk paket soal diberikan pada saat para peserta akan menaiki mimbar tilawah sesuai dengan maqro’ yang di tentukan,” ungkapnya.

Aspek yang dinilai pada cabang Hifzil Quran diantaranya yakni aspek Tajwid, aspek Tahfiz dan aspek Fashah.

“Ada beberapa aspek penilaian yakni  Tajwid, Fashahah, Lagu dan Suara. Jadi patokan Dewan Juri sesuai bidang penilaian,” katanya.

Sementara itu, Dewan Hakim lainnya Nur Fadilah Ahmad mengharapkan, penyelenggaran MTQ menjadi satu ajang silaturahmi supaya terjalin kedekatan antara ulama dan umaro, serta ulama dengan umat.

“Ini sangat strategis sekali untuk dijadikan sebagai media dakwah dan Ukhuwah Islamiyah,” tuturnya

Lebih jauh ia pun mengharapkan dari penyelenggaraan MTQ itu muncul qori-qoriah Jawa Barat yang mumpuni yang bisa berkiprah membawa nama baik Jawa Barat di tingkat nasional.

“Kita cari yang terbaik. Mudah- mudahan nanti muncul wakil-wakil terbaik Jawa Barat untuk ditampilkan di tingkat nasional. Kepada para peserta lebih giat belajar. Jangan putus asa dan tetap semangat untuk mengasah keahlian,” ujarnya.

Menurut seorang peserta asal Indramayu Aqila Samilzan Sabila, sejauh ini para peserta yang tampil dari tiap daerah memiliki potensi yang sangat bagus.

Menurutnya, Sumedang telah menyediakan fasilitas yang terbaik dan ia mengaku sangat menyukai acara MTQ di Kabupaten Sumedang.

“Fasilitas yang disediakan Kabupaten Sumedang sangat baik. Harapan saya selanjutnya MTQ ini menjadi lebih maju,” katanya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.