Teatrikal Sejarah Perjuangan Mayor Abdurahman Meriahkan Syukuran HUT ke-77 Kodam III Siliwangi

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir atas nama masyarakat sumedang bersyukur dan berbahagia, telah menjadikan Darongdong sebagai rumah untuk kegiatan syukuran dalam rangka memperingati HUT Kodam III Siliwangi
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir atas nama masyarakat sumedang bersyukur dan berbahagia, telah menjadikan Darongdong sebagai rumah untuk kegiatan syukuran dalam rangka memperingati HUT Kodam III Siliwangi

TRIMEKARFM – Syukuran memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kodam III Siliwangi di lapangan Darongdong Buahdua diawali dengan peninjauan tenda donor darah dan warung sawios kemudian dilanjutkan dengan pagelaran Teatrikal Sejarah Singkat Perjuangan Mayor Abdurahman peristiwa 11 April 1949, Sabtu, (20/5/2023).

Di sesi terakhir dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Pangdam II/Sriwijaya didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Slw, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo disaksikan Bupati Sumedang, para Dandim dan tamu undangan lainnya.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo menyampaikan, pihaknya sengaja mengambil tempat di wilayah Darongdong Buahdua ini untuk mengingat kembali sejarah perjuangan Mayor Abdurahman dalam melawan penjajah.

“Kami sengaja memilih di wilayah ini untuk mengingat sejarah. Selain itu, Kami juga perlu komunikasi dan juga perlu membangun kembali berbagai potensi kekuatan masyarakat,” ujarnya.

Sebagai Pangdam, dirinya juga berpesan kepada seluruh prajurit sesuai dengan tema HUT Kodam III Siliwangi kali ini tetap profesional terhadap bidang tugasnya masing masing. Kedua, lanjut pangdam, harus bisa berinovasi yaitu bersama dengan masyarakat dan komponen yang lainnya untuk bisa melaksanakan pengelolaan pemberdayaan nasional dan daerah sebagai potensi potensi.

“Kekuatan pertahanan di dalamnya ya potensi pertanian, ekonomi, politik, budaya sosial dan terakhir kami berharap kalau beroperasi kita bisa mengatasi permasalahan yang ada di wilayah tersebut,” kata Mayjen Kunto.

Menapaki usia ke 77 Kodam III Siliwangi dirinya berharap, sebagai pemuda harus bisa menjawab setiap tantangan pada masanya.

“Masa sebelumnya, masalah perjuangan revolusi, sekarang kita mengisi kemerdekaan menjembatani setiap perubahan generasi. Tentunya ada hal-hal yang baru dari generasi baru, dan yang dahulu tentunya juga harus bisa kita lihat apa saja hal hal yang ada di masa sebelumnya,” katanya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir atas nama masyarakat sumedang bersyukur dan berbahagia, telah menjadikan Darongdong sebagai rumah untuk kegiatan syukuran dalam rangka memperingati HUT Kodam III Siliwangi. “Ini menjadikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat Sumedang untuk terus meningkatkan kontribusinya mengabdi untuk bangsa dan negara ini,” tuturnya.

Dengan spirit lapang darongdong sebagai Jogja kedua ini, kata bupati bagaimana tentara Siliwangi punya tujuan Manunggal bersama Rakyat demi kedaulatan NKRI. “Inilah tempatnya yang telah menjadi saksi sejarah. Insya Allah akan menginspirasi semuanya,” katanya. ***

Exit mobile version