Bupati Tegaskan Proyek Strategi Nasional di Sumedang untuk Indonesia

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membeberkan proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Kabupaten Sumedang kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto saat melakukan kunjungan di Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.
sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membeberkan proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Kabupaten Sumedang kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto saat melakukan kunjungan di Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

SUMEDANG – Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir membeberkan proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Kabupaten Sumedang kepada Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartanto saat melakukan kunjungan di Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau progres pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat. Menko Airlangga juga menyempatkan untuk berdiskusi dengan Gubernur Ridwan Kamil terkait beberapa proyek PSN di Jawa Barat seperti Bendungan Cipanas, Bendungan Sadawarna, Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) yang akan beroperasi di Agustus, Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati dan Aerocity, dan ITB Cirebon. Menko Airlangga berharap agar penyelesaian PSN di Jawa Barat dapat dipercepat agar mampu menjadi pondasi Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomiannya, sehingga dapat turut mendukung visi besar Indonesia menuju Indonesia Emas di 2045.

Bupati Dony menyampaikan beberapa PSN yang ada di Kabupaten Sumedang antara lain Bendungan Jatigede. Dijelaskannya Bendungan Jatigede berada di Kabupaten Sumedang namun irigasinya untuk Kabupaten Indramayu dan Cirebon.

“Inilah adalah kontribusi Sumedang untuk NKRI dimana warga Sumedang telah merelakan tanahnya dibuat bendungan Jatigede,” kata bupati.

Bupati mengatakan PSN bisa dikembangkan di bidang pariwisata. Ada anggaran dari pemprov sudah terbentuk beberapa objek wisata seperti Masjid Al Kamil, Kujang Sapasang dan juga Taman Seribu Cahaya. Selain Jatigede lanjut bupati PSN yang ada di Sumedang adalah Bendungan Cipanas dan juga Bendungan Sadawarna yang lokasinya di Sumedang tetapi pemanfaat dari irigasinya luar Sumedang. Bupatipun berharap adanya PSN di Sumedang imi bisa menggairahkan dan menggerakan perekonomiam di Kabupaten Sumedang.

Kunjungan kerja Menko Airlangga beserta rombongan di Jawa Barat kemudian dilanjutkan ke Pendopo Pusat Pemerintahan Sumedang. Menko Airlangga secara simbolis menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada beberapa debitur, serta berdiskusi singkat dengan para warga yang hadir dalam acara Edukasi dan Literasi Keuangan Inklusif, KUR, dan KEJAR bagi Pemuda, Perempuan, dan UMK yang Berkelanjutan. “Plafon (KUR) yang disediakan Pemerintah tahun lalu Rp370 triliun. Dan tahun ini Rp450 triliun. Jadi Pak Bupati, bisa digenjot Kredit Usaha Rakyat sebanyak-banyaknya, karena plafonnya ada, dan tahun kemarin sektor pertanian Rp70 triliun,” ujar Menko Airlangga saat sesi tanya jawab bersama warga yang hadir di pendopo.

Setelah melakukan shalat Jumat di Masjid Agung Sumedang, Menko Airlangga juga turut menyumbangkan satu ekor sapi kepada panitia kurban di Masjid Agung Sumedang untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. ***

Exit mobile version