Desa Margamukti Tangani Kemiskinan dan Stunting Melalui Peternakan

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menghadiri kegiatan Sambung Rasa dan Sapa Warga di lapang Sukajadi, Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (22/6/2023).
sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menghadiri kegiatan Sambung Rasa dan Sapa Warga di lapang Sukajadi, Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (22/6/2023).

SUMEDANG – Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menghadiri kegiatan Sambung Rasa dan Sapa Warga di lapang Sukajadi, Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara, Kamis (22/6/2023).

Selain menyapa warga, Bupati Dony juga mengecek penanganan kemiskinan dan stunting di Desa Margamukti.

“Alhamdulilah bersilaturahmi, kunjungan ke warga, sekaligus juga mengapresiasi apa yang dilakukan Desa Margamukti dalam rangka Gerakan Bersama Penanganan Kemiskinan dan Stunting,” kata Dony.

Dalam kesempatan itu, bupati mengapresiasi pihak desa, memanfaatkan sektor peternakan untuk ketahanan pangan. Di mana masyarakat didorong untuk beternak ikan, kelinci, domba, ayam, untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

“Di sini ada sebuah ikhtiar untuk ketahanan pangannya, melalui peternakan. Baik kelinci dan sebagainya, yang jadi nutrisi protein hewani untuk warga. Sehingga stunting akan teratasi,” katanya.

Kepala Desa Margamukti, Siti Nuraeni Sofa menggambarkan, program ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat di Margamukti diantaranya budidaya kelinci. Mereka yang mengelola, yakni warga yang kurang mampu dan masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kami tidak ingin warga kami menjadi pengemis, tapi harus jadi pejuang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu kami buat beberapa kelompok, seperti kelompok budidaya maggot. Hasil budidaya maggot bisa memenuhi pakan kelompok ikan dan ayam. Juga ada kelompok kelinci dan kelompok domba,” katanya.

Lebih jauhnya Siti berharap program-program tersebut difasilitasi juga oleh pemangku kebijakan diatasnya. Dengan demikian ia meyakini bahwa kasus kemiskinan dan stunting akan bisa lebih ditekan. ***

Exit mobile version