Dua Kabupaten di Kalimantan Timur Belajar Transformasi Digital ke Sumedang

Kabupaten Kutai Timur dan Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Sumedang untuk benchmarking transformasi, Jumat (23/6/2023).
sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Kabupaten Kutai Timur dan Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Sumedang untuk benchmarking transformasi, Jumat (23/6/2023).

SUMEDANG – Kabupaten Kutai Timur dan Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Sumedang untuk benchmarking transformasi, Jumat (23/6/2023).

Rombongan dua kabupaten di Pulau Borneo tersebut diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman di Command Center Sumedang.

Menurut Herman Suryatman, kunjungan difokuskan pada sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman terkait program dan inovasi Pemkab Sumedang, terutama terkait implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Sumedang.

Pada kesempatan itu Herman Suryatman kembali mengatakan bahwa pemerintahan moderen di era disruptif harus responsif terhadap perubahan lingkungan strategis melalui teknologi informasi sebagai alat dan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat.

“Bagaimana kita merumuskan dan melaksanakan kebijakan berdasarkan data atau evidence based policy , sehingga keputusannya tepat dan hasilnya optimal, yakni membidik langsung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya

Sekda mengungkapkan, akselerasi reformasi birokrasi bisa melalui “lompatan” birokrasi dengan dibantu oleh teknologi informasi.

“Sumedang sudah memberikan praktik baik transformasi digital. Ini langkah konkret reformasi birokrasi. Saya sarankan jadikan Sumedang model Kabupaten. Amati, tiru, lalu modifikasi kemudian replikasi,” ujarnya.

Sekda Kutai Timur Rizali Hadi menyampaikan, dengan melakukan studi tiru ke Sumedang diharapkan SPBE di daerahnya bisa lebih menigkat lagi.

“Saya mengharapkan, dengan pertemuan ini, ada perubahan signifikan dalam impelemnrasi SPBE di daerah kami,” katanya

Senada dengan Sekda Kutai Timur, Sekda Pulang Pisau Tony Harisinta juga menyampaikan hal serupa.

“Harapannya, semoga ke depan SPBE kami bisa lebih maksimal dan lebih maju,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *