Pj. Bupati Sumedang: Laporkan Jika Ada ASN Tidak Netral Pemilu

Apel ASN Kabupaten Sumedang
sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Apel ASN Kabupaten Sumedang

SUMEDANG – Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman, memastikan ASN harus berkomitmen mempunyai netralitas dalam pemilu. Ia menyatakan akan mengawal ASN di Pemkab Sumedang agar tidak mendukung kontestan pemilu.

“Kami akan kawal ASN Sumedang untuk tetap netral sesuai ketentuan,” ujar Herman, saat kegiatan di Tahura Gunung Palasari, beberapa waktu lalu.

Pj Bupati menegaskan telah mengambil langkah konkret dalam menjaga netralitas ASN. Pihaknya telah menugaskan Asisten Pemerintahan, dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk memonitor setiap ASN.

“Saya sudah menugaskan asisten pemerintahan dengan BKPSDM untuk memonitor dan mengawal ASN di Sumedang,” imbuhnya.

Meski demikian, Herman juga meminta kepada masyarakat agar melapor, jika mendapati ada ASN yang tidak netral dalam Pemilu.

“Kalau ada indikasi ke sana (pelanggaran) silahkan laporkan. Kami akan tindak jika ditemukan pelanggaran, sesuai aturan disiplin PNS,” ucapnya.

Jika ada pelanggaran, sanksi yang mungkin diberikan akan sesuai ketentuan, yakni sanksi ringan atau berat. “Sanksinya tentunya disesuaikan, mulai dari sanksi ringan hingga pemberhentian, sesuai eskalasi pelanggaran yang teridentifikasi,” katanya.

Pj Bupati Sumedang menegaskan prinsip netralitas sebagai bagian integral dari aturan disiplin ASN.

“Nanti kita lihat eskalasinya seperti apa, yang jelas harus ikut aturan. Di ASN sendiri, ada aturan disiplin PNS, salah satunya adalah kewajiban untuk tetap netral, saat pemilu,” tuturnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *