Kado Akhir Tahun, Kabupaten Sumedang Raih IGA Award 2023

Sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Penghargaan bergengsi kembali diraih Kabupaten Sumedang di akhir tahun 2023 dengan mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA Award) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dengan predikat sangat inovatif untuk yang ke 4 kalinya, Selasa (12/12/2023).

SUMEDANG – Penghargaan bergengsi kembali diraih Kabupaten Sumedang di akhir tahun 2023 dengan mendapatkan penghargaan Innovative Government Award (IGA Award) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dengan predikat sangat inovatif untuk yang ke 4 kalinya, Selasa (12/12/2023).

IGA merupakan penghargaan bidang inovasi yang dilaksanakan melalui pengukuran Indeks Inovasi Daerah. Pengukuran Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023 dilaksanakan mulai bulan Mei dan ditutup pada tanggal 28 Juli 2023.

Kabupaten Sumedang diganjar IGA Award karena dinilai berhasil melahirkan berbagai inovasi yang membantu memudahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan kepada masyarakat.

Kabupaten Sumedang telah melaporkan sebanyak 120 Inovasi Daerah yang diunggah melalui Dashboard Indeks Inovasi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

120 inovasi tersebut merupakan hasil penjaringan inovasi dari perangkat daerah yang diunggah melalui SIKOMPLIT e-Office yang memiliki tingkat maturitas tinggi setelah diverifikasi oleh Tim Verifikator Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) BAPPPPEDA Kab. Sumedang.

Maturitas inovasi tersebut diperoleh dari 20 indikator inovasi yang harus dipenuhi data pendukungnya. Beberapa inovasi unggulan yang turut dilaporkan adalah aplikasi SIMPATI, WA KEPO, SIPEDO, SIGEOL, Jampe Harupat, Sindang, e-Office dan e-Office Desa.

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan, bahwa setiap penghargaan harus dimaknai sebagai amanah dan tanggung jawab.

“Kita ini sering dapat penghargaan, dan kita mensyukuri itu. Tapi yang terpenting penghargaan inovasi ini berdampak bagi pelayanan publik,” ujar Herman.

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kemendagri RI yang sudah mengapresiasi, berbagai inovasi yang dilahirkan oleh Pemkab Sumedang melalui OPD-OPD yang ada serta semua pihak yang ikut terlibat sehingga Kabupaten Sumedang mendapatkan kembali IGA Award.

“Terima kasih kepada Kemendagri yang sudah memberikan apresiasi terhadap inovasi di daerah. Saya atas nama Pemkab Sumednag mengcuapkan atas kerja keras seluruh OPD/Kecamatan/Desa, Masyarakat dan tim litbang Bappeda yang ikut terlibat”katanya.

Ia mengharapkan, penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab Sumedang beserta seluruh komponen masyarakat Sumedang untuk lebih berkontribusi dalam memajukan Sumedang.

“Harapannya semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi jajaran pemda dan seluruh komponen yang terkibat agar lebih optimal, lebih kreatif dan produktif dalam melaksanakan tusi guna mengakselerasi perwujudan masyarakat Sumedang yang bahagia dan sejahtera,”pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *