Stabilkan Harga, Pemkab Sumedang Gelar Pangan Murah

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan Gelar Pasar Pangan Murah untuk mengendalikan harga bahan pokok penting (BApokting) menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah di Alun Alun Sumedang, Sabtu, (9/3/2024).
sumedangkab/Radio Trimekar 93,9 MHz
Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan Gelar Pasar Pangan Murah untuk mengendalikan harga bahan pokok penting (BApokting) menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah di Alun Alun Sumedang, Sabtu, (9/3/2024).

SUMEDANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan Gelar Pasar Pangan Murah untuk mengendalikan harga bahan pokok penting (BApokting) menjelang bulan suci Ramadan 1445 Hijriah di Alun Alun Sumedang, Sabtu, (9/3/2024).

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan,  Gelar Pangan Murah ini menyikapi tingginya harga kebutuhan pokok di kalangan masyarakat.

“Gelar Pangan Murah ini sebagai sebuah ikhtiar Pemda Sumedang kerjasama dari hulu sampai hilir dengan beberapa produsen, suplier sampai pengecer untuk membantu masyarakat sekaligus menstabilkan harga kebutuhan pokok,” ujarnya.

Herman menjelaskan, adapun beberapa jenis kebutuhan pokok yang tersedia di pasar murah terdiri dari beberapa jenis bukan hanya beras tetapi juga cabai dan sayur mayur, gula, telur, minyak dan kebutuhan pokok lainnya. “Di Gelar Pangan Murah ini tersedia beras dari harga 50 ribu hingga 10 ribu perkilogram. Ada juga telur dan sayur mayur termasuk cabe merah. Dipasar, cabe merah sempat tembus 120 ribu perkilo sekarang sudah mulai turun menjadi 80 ribu. Di pasar murah ini kita jual 40 ribu artinya cabe merah biasa tidak boleh lebih dari 60 ribu,”kanya.

Kaitan dengan harga beras, kata Herman, sebelumnya pernah menembus harga 18 ribu kini mulai ada penurunan. Dipasar murah ini beras Darmaraja dan Jatinunggal termasuk beras bulog dijual dengan harga yang sangat terjangkau. “Untuk beras Darmaraja dan Jatinunggal kita jual dengan harga 15 ribu perkilonya. Adapun beras bulog kita jual dengan harga 10 ribu saja per kilogramnya. Mudah -mudahan ini meringankan warga menjelang bulan ramadan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian Sajidin mengatakan, dalam Gelar Pangan Murah ini pihaknya menyediakan pasokan beras yang cukup memadai untuk kebutuhan pokok warga. “Kami menyediakan 10 ton beras SPHP, 9 ton beras medium dan 3 ton beras premium,” kata Sajidin.

Ia mengatakan, pelaksanaan Gelar Pangan Murah ini tidak hanya dilaksanakan hari ini saja tetapi akan kembali dilaksanakan di beberapa titik di Sumedang sesuai dengan situasi dan kondisi. “Kami akan laksanakan di delapan titik tentunya sesuai situasi dan kondisi jika terdapat peningkatan harga yang tidak normal di pasaran. Mudah mudahan Gelar Pangan Murah ini bisa mencukupi kebutuhan warga masyarakat,”katanya. [*]

Exit mobile version