Trimekar FM Sumedang Bareng Fikom UNPAD Gelar Workshop Gali Potensi dan Kembangkan Penyiaran Radio

Kru Radio Trimekar FM Sumedang lakukan pembelajaran dan interaksi langsung dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor dalam acara workshop di Lab Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Rabu, 12 Juni 2024.
Fitriyani/Radio Trimekar 93,9 MHz
Kru Radio Trimekar FM Sumedang lakukan pembelajaran dan interaksi langsung dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor dalam acara workshop di Lab Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Rabu, 12 Juni 2024.

TRIMEKARFM – Kru Radio Trimekar FM Sumedang lakukan pembelajaran dan interaksi langsung dengan Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor dalam acara workshop di Lab Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Rabu, 12 Juni 2024.

Di era persaingan ketat dalam cara penyampai informasi, budaya, adat ataupun hiburan, penyiaran radio merupakan salah satu sarana yang kini hanya segelintir masyarakat yang masih meminatinya.

Dalam hal ini pemaparan dan diskusi Fikom Unpad bersama kru Radio Trimekarfm Sumedang, memberikan strategi dan langkah-langkah yang mesti di rubah mindsetnya dalam menarik minat pendengar.

“Kalau dalam penyiaran radio di era ini, kita harus membuat beberapa inovasi dan membuka ruang diskusi dengan para pendengar (Fans) serta memberi solusi/perantara atas pertanyaan atau kendala yang mungkin disampaikan,” ujar Achmad abdul basith S.I.Kom., M.I.Kom. selaku Dosen Fikom Unpad.

Selain itu, kata dia, Radio / media harus selangkah lebih maju daripada informasi yang tersebar di Sosial Media, salahsatunya dengan selalu melakukan croscek data ke sumber yang valid. Selain itu radio juga bukan merupakan player pemutar lagu saja.

“Kita harus menjadi tempat bertanya apa saja dan memberikan jawaban bahkan solusi sekalipun dan memanfaatkan koneksi ke pihak terkait dalam menyelesaikan keluhan sebagai jawabannya,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, hadir pula Dosen, Dr. Pandan Yudhapramesti, S.Sos., MT.,dan juga Dr. Efi Fadilah S.Sos. M.Pd., mereka memberikan solusi dan ruang diskusi dalam menggali minat untuk lebih memajukan penyiaran.

Berbagai pemahaman dan pengenalan ilmu komunikasi hingga melihat serta mempelajari semua sarana lab di Fikom Unpad yang dibimbing para mahasiswa menjadikan ilmu yang bermanfaat dan sebuah motivosi.

Sementara itu Heni Haerani, sebagai General Manager (GM) Radio Trimekar FM Sumedang, menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya workshop ini sangat luar biasa dengan berbagai ilmu yang di dapat dari ahlinya dengan pemaparannya yang mudah dimengerti.

“Ini menjadi motivasi kami untuk lebih berkembang, dan ilmu serta diskusi yang dihasilkan sungguh luar biasa,” ucapnya.

Sesudah workshop ini, kata Rani, banyak pembelajaran yang didapat dari berbagai hal dan Insya Allah secara bertahap akan kami terapkan dalam program penyiaran radio Trimekar.

“Semoga ini menjadi sebuah jalan untuk lebih mengembangkan Radio Trimekarfm kami, dan saya sangat bersyukur dalam kesempatan ini bertemu dengan orang-orang yang luar biasa di bidangnya,” tutupnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *