Sumedang Gelar Pesta Rakyat Ngagogo, 3 Ton Ikan Disebar

Pesta rakyat Ngagogo, atau menangkap ikan hidup dengan tangan kosong di kolam Masjid Al-Kamil PPS diserbu warga
IStimewa/Radio Trimekar 93,9 MHz
Pesta rakyat Ngagogo, atau menangkap ikan hidup dengan tangan kosong di kolam Masjid Al-Kamil PPS diserbu warga

SUMEDANG – Pesta rakyat Ngagogo, atau menangkap ikan hidup dengan tangan kosong di kolam Masjid Al-Kamil PPS diserbu warga. Ratusan warga memadati kolam yang berisi 3 ton ikan.

Pj Bupati Yudia Ramli yang membuka acara rangkaian HUT ke-79 RI itu mengatakan, dengan kegiatan Ngagogo ini selain bisa melatih keterampilan menangkap ikan dengan tangan kosong, juga akan membangun suasana kebatinan.

“Ngagogo ini tradisi orang Sunda. Dengan Ngagogo ini masyarakat bukan bersaing tapi bersama-sama menangkap ikan,” kata Pj Bupati Yudia.

Dikatakan, untuk Ngagogo ini pihaknya menebar 3 ton ikan mas dan mujair. Selain itu panitia juga menyiapkan doorprize sepeda bagi warga mendapatkan ikan lele dari kolam tersebut.

“Masyarakat sangat antusias, bersukacita, kagum, karena memang di dalam Ngagogo ini ada filosofi agar antara masyarakat dengan pemerintah daerah pelaku usaha semua sinergi,” ucapnya.

Salah seorang warga Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara, Toni (56) mengaku senang mengikuti acara pesta rakyat tersebut.

“Acaranya seru, ikannya juga besar-besar. Saya dapat ikan lumayan banyak. Mudah-mudahan tahun depan ada lagi yang ikannya lebih banyak,” tuturnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *