Danrem 062/Tarumanagara Pimpin Penghijauan di Pamulihan

SUMEDANG, TRIMEKAR – Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Inf Parwito memimpin pelaksananaan penanaman pohon “Penghijauan” di Hutan Taman Buru Kareumbi Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Rabu (18/12/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Danrem didampingi Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M.Tr (Han), Kepala BKSDA Ir. Ammy Nurwati, M.M, Kepala BPDAS Ir. Rukmana Dayadi, M.Si, Camat Pamulihan, Kepala Desa Pamulihan beserta Kelompok Tani Hutan Kareumbi Agung.

Saat dikonfirmasi media di lokasi, Danrem mengatakan dulu pada awalnya hutan disana merupakan hutan pinus.

Mengingat sudah ada beberapa pohon yang sudah ditebang sehingga tanaman tersebut berkurang.

“Padahal tanaman ini sangat vital untuk sumber mata air, buat penghidupan bagi masyarakat yang ada disekitar sini,” ungkapnya.

Dengan kepedulian dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam hal ini BKSDA dan BPDAS bersama Kodim 0610/Sumedang mengadakan kerjasama untuk menanam pohon supaya lahan tersebut kembali hijau.

Adapun lahan yang akan ditanami seluas 137,19 Ha, dengan harapan lahan seluas itu bisa kita hijaukan kembali, untuk mengurangi dampak bahaya bencana tanah longsor kekeringan dan sebagainya. Jelasnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPDAS Ir. Rukmana Dayadi, M.Si menuturkan jenis tanaman yang di tanam diantaranya pohon Salam, Kayu Manis, Pulai, Kisireum, Kicangkudu, Rasamala, Puspa, Kiteja dan Mahoni.

Selain di Blok Patambon, Ir. Rukmana Dayadi menambahkan penanaman tersebut akan dilaksanakan juga di Blok Legok Uri dan Blok Legok Ahum.

“Jumlah pohon dari berbagai jenis pohon yang akan kita tanam di Kecamatan Pamulihan ini sebanyak 17.149 pohon,” pungkasnya. (TM-2)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *